Belajar Tanggung Jawab dari Chord EbMaj9#11

Disclaimer: Tulisan ini akan cukup banyak membahas beberapa istilah musik, bagi yang bingung, mohon maaf, ya.
Rasanya, kebanyakan lelaki di masa remajanya pasti pernah mencoba untuk belajar memainkan instrumen gitar. Ya, gitar. Salah satu instrumen musik yang menurut saya pribadi telah menjadi instrumen sosial. Apa lagi kalo bukan karena aktivitas genjrang genjreng gitar bareng teman-teman. Makanya, saya cukup yakin bahwa setidaknya remaja putra-dan mungkin putri juga-past pernah mengorbankan jarinya demi untuk bisa main gitar.
Chord adalah salah satu komponen yang mau tidak mau harus dipelajari jika ingin bisa menjadi satria bergitar. Bagi yang belum tahu apa itu chord, silakan simak penjelasan berikut. Chord adalah serangkaian nada atau notasi yang dimainkan bersamaan untuk memunculkan suara tertentu. Contoh dari chord misalnya: chord C, Dm, Em, F, G, Am, Bm. Yak, itu adalah chord yang cukup banyak dikenal oleh banyak orang. Chord-chord yang cukup sering kita temui di lagu-lagu pop ternama. 
Yang menarik, chord-chord pop itu menjadi salah satu standar yang diamini oleh banyak orang. Bisa dikatakan, chord tersebut adalah chord yang memenuhi standar sosial kebanyakan. Kenapa? Ya karena itu chord yang banyak dikenal orang. Ya kalau mau diibaratkan, chord tadi bisa dipadankan dengan fase kehidupan yang diakui secara sosial, yaitu: SD, SMP, SMA, kuliah, bekerja. Semisal setelah SMA kita langsung kerja, pasti akan dianggap berbeda oleh orang. Masalahnya, apakah menjadi berbeda adalah segalanya? Di era yang serba menampilkan ciri khas ini, apakah menjadi beda adalah satu tujuan hidup?
Mari kita kaji dari perspektif chord musik. Bagi orang yang hanya familiar dengan chord populer, melihat chord EbMaj9#11 pasti auto terhenyak. Diam. Mencerna chord apa ini? Langsung menganggap chord Eb Major 9 Sharp 11 (cara bacanya) sebagai hal yang berbeda. Chord nyentrik macam tadi memang biasa ditemukan di musik bergenre jazz, musik yang konon katanya makin fals makin asik. Yang perlu dipahami adalah, ada begitu banyak pertimbangan yang diambil musisi ketika menggunakan chord nyentrik itu. Apa nada dasar yang digunakan? Melodi utama menggunakan nada apa? Apa chord setelahnya? Harmonisasi, dan hal teknis lainnya.
Artinya seorang musisi tidak semata-mata memilih chord ribet macam itu hanya untuk menjadi beda. Ada pertanggungjawaban yang lebih besar ketimbang menjadi beda. Satu semangat yang cukup menarik untuk ditiru di dalam kehidupan. Untuk memahami bahwa menjadi berbeda itu tidak sekedar hanya menjadi beda. Tapi perlu ada tanggung jawab dan pertimbangan atas pilihan untuk menjadi berbeda. Seperti chord EbMaj9#11 yang pada akhirnya dipilih ketimbang Dm, Am atau F karena berbagai alasan yang sudah dipikir masak-masak.
Being responsible with your choices is more important than just being different.