Jangan Merasa Kecil, Kita Tidak Sekecil Itu

Orang bilang belajar bisa darimana saja, termasuk dari lingkungan sekitar.
Rasanya kita bisa memetik pelajaran melalui interaksi yang kita lakukan setiap hari. Entah itu dari teman, rekan kerja, saudara, keluarga, dosen, atau bahkan sekedar penjual rokok langganan. Yang diperlukan hanya kemauan untuk belajar dan membuka diri. Titik.

Anehnya, justru banyak orang yang merasa dirinya tidak cukup baik dan merasa aneh ketika ada yang berujar, “Aku belajar banyak dari kamu, lho!” Ah, kita memang suka memandang kecil diri sendiri. Entah karena memang tidak sadar, atau memang berkecil hati. Rasanya, kemungkinan pertama yang lebih sering terjadi. Hal-hal yang kita lakukan, karena sudah menjadi kebiasaan, terlihat sederhana bagi kita. Tapi, dari perspektif orang lain, bisa jadi apa yang kita lakukan terlihat sangat menarik dan luar biasa. Kenapa? Ya, karena itu hal baru bagi mereka.

Sederhananya, orang Solo menganggap nasi liwet itu biasa aja. Karena, ya, setiap hari bisa makan nasi liwet. Tapi bagi orang Jakarta, nasi liwet sangat istimewa, karena hanya bisa dinikmati saat mudik ke Solo, mungkin.

Intinya, buka diri dan pikiran. Jangan pernah merasa kecil, karena kita tidak sekecil itu.